Atletik Lompat Jauh I

 ATLETIK 

LOMPAT JAUH 

Motivasi materi ini adalah:

 "Kepengecutan yang paling besar adalah ketika kita membuktikan kekuatan kita kepada kelemahan orang lain."

 (Jacques Audiberti)

1. Hakikat Lompat jauh 


Lompat jauh adalah gerakan melompat ke depan atas dengan menggunakan tolakan salah satu kaki terkuat untuk mendapatkan jarak lemparan sejauh-jauhnya.  Lompat jauh merupakan salah satu jenis olahraga atletik. Tujuan dari lompat jauh adalah untuk mendapatkan jarak lompatan sejauh-jauhnya. Setelah bertumpu (kaki terkuat), maka kaki yang satunya segera diayunkan ke
depan atas dengan sikap lutut ditekuk sewajarnya. Kemudian kaki kiri segera
menyusul diangkat dan pada saat mencapai titik tinggi, posisi tubuh seperti
berjalan. Selanjutnya, kedua kaki dan tangan diluruskan ke depan, badan
condong ke depan pula untuk siap melakukan pendaratan.

Gaya lompat jauh terdiri dari 3 macam :

1. Gaya jongkok
Lompat jauh gaya jongkok adalah gerakan melompat yang dilakukan dengan posisi badan sedikit condong ke depan ketika berada diudara dengan kedua kaki ditekuk di depan dada dan kedua tangan diayunkan ke belakang.

2. Gaya menggantung
Lompat jauh gaya menggantung adalah gerakan melompat dengan posisi badan tegap ketika berada diudara dengan posisi kedua kaki ditekuk ke belakang dan kedua tangan lurus ke atas.

3. Gaya berjalan di udara
Lompat jauh gaya berjalan di udara dilakukan dengan posisi badan tegap ketika berada di udara, posisi kedua kaki diayunkan dari belakang ke depan secara bergantian dan kedua tangan sedikit diangkat ke atas.

2. Lapangan Lompat Jauh


keterangan lebih lanjut.

1. Panjang Lintasan :     30-45 m

2. Lebar Lintasan    :     1,22 m

3. Teknik dalam Lompat Jauh 

Ada 4 teknik dalam Lompat jauh yaitu :

a. Teknik awalan
Awalan pada lompat jauh adalah dengan berlari secepat mungkin untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi sebelum melakukan gerakan menolak. Posisi kaki pada awalan juga tergantung dari kebiasaan masing-masing atlet lompat jauh. Ada yang awalan dengan kaki sejajar, kaki kanan yang ada di depan atau sebaliknya.

Awalan dilakukan dengan berlari pelan saja. Setelah itu kecepatan lari dapat ditambah. Harus diingat kecepatan tersebut harus dipertahankan sampai menjelang tolakan. Saat mendekati 4 langkah akhir sebelum tolakan maka kecepatan lari dijaga tetap konstan tidak malah dikurangi.

 

b. Teknik tolakan
Tolakan berarti berpindahnya kecepatan vertikal yang didapat dari berlari ke kecepatan horizontal. Paling baik menggunakan kaki yang paling kuat untuk tolakan. Dimulai dari kaki bagian tumit lalu berakhir di ujung jari. Badan sebaiknya dicondongkan sedikit ke depan ketika akan menumpu. Sementara kaki yang berayun diangkat hingga setinggi pinggul dengan posisi lutut menekuk.


 

 

c. Teknik badan di udara
Saat badan melayang di udara ada beberapa cara. Contohnya gaya jongkok. Caranya ketika badan sedang melayang, ayunkan kaki belakang dengan kuat ke arah depan sejajar dengan kaki satunya. Lalu lakukan gerakan seperti jongkok di udara.


 

d. Teknik pendaratan
Pendaratan merupakan gerakan yang terakhir dari rangkaian gerakan lompat jauh dan merupakan teknik terakhir dari 4 teknik lompat jauh. Perlu diketahui sebaiknya pendaratan dilakukan dengan kedua kaki dengan posisi sejajar dan tumit yang lebih dulu mendarat di tempat dengan posisi tumit berhimpitan dan kaki mengeper. Ini untuk mencegah cedera.

 


4. Peraturan Lompat Jauh

Seorang pelompat dinyatakan gagal (Diskualifikasi) apabila melakukan hal-hal berikut.

  • Dipanggil 3 menit belum melompat
  • Menumpu dengan 2 kaki
  • Mendarat luar bak lompat
  • Menyentuh tanah di belakang garis batas tumpuan dengan bagian tubuh manapun, baik sewaktu membuat ancang-ancang lompat maupun sewaktu lari kencang tanpa membuat tolakan.
  • Menolak dari luar ujung balok tumpuan, baik sebelum maupun sesudah garis perpanjangan garis tumpuan.
  • Pada waktu mendarat, pelompat menyentuh tanah di luar zona pendaratan atau bak lompat sebelum melakukan pendaratan yang benar pada bak pendaratan.
  • Sesudah melompat dengan sempurna, pelompat berjalan balik melalui bak lompat. (Kembali ke arah awalan, setelah melompat)
  • Mendarat dengan melakukan suatu gerakan salto.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Atletik I Jalan Cepat

Permainan bola Besar Seapak Bola ( Materi Dasar )

ATLETIK LARI CEPAT