Jawaban Latihan Pemahaman Modul pse-3 , 1,2 dan 3
Jawaban Latihan Pemahaman
Modul pse-3 , 1,2 dan 3
Dalam Post Test PSE Umum 1, 2, dan 3 untuk Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2024, para guru diminta untuk menjawab 15 soal pada Latihan Pemahaman Modul 2. Soal-soal yang berkaitan dengan Pendidikan Sosial Emosional (PSE) pada Modul 2 ini muncul di Platform Merdeka Mengajar (PMM) saat para guru yang terdaftar dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk Guru Tertentu Dalam Jabatan 2024 mengikuti pelatihan tersebut.
Bapak/ibu guru bisa menggunakan referensi jawaban yang disediakan di bawah ini untuk membantu menjawab Post Test Modul 2 terkait Pendidikan Sosial Emosional (PSE) 1, 2, dan 3 dalam PPG 2024.
Salah satu soal yang sering muncul dalam Latihan Pemahaman Modul 2 Pendidikan Sosial Emosional adalah skenario berikut: "Anda ditugaskan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti lomba menulis artikel ilmiah dan Anda pun mendaftar dalam kegiatan tersebut. Namun, karena banyaknya tugas administrasi yang harus diselesaikan di sekolah, Anda baru mulai menulis artikel tersebut pada hari terakhir. Akibatnya, hasilnya tidak memuaskan dan Anda tidak memenangkan lomba. Sebagai satu-satunya guru yang mengikuti lomba tersebut, apa yang akan Anda lakukan?"
Skenario ini menantang para guru untuk merenungkan bagaimana mereka merespons kegagalan dan tekanan dalam menjalani tanggung jawab sebagai pendidik. Guru diharapkan dapat memahami pentingnya manajemen waktu, komitmen terhadap tugas, serta bagaimana menghadapi kegagalan dengan cara yang positif dan produktif, sambil tetap fokus pada pengembangan diri dan profesionalisme.
Kunci Jawaban Post Test Modul 2 PSE 1 PPG 2024
1. Anda ditugaskan Kepala Sekolah
untuk mengikuti lomba menulis artikel ilmiah dan Anda pun mendaftar di kegiatan
tersebut. Dikarenakan banyaknya kegiatan administrasi di sekolah yang harus
diselesaikan, Anda baru menulis artikel di hari terakhir. Hasilnya cukup
mengecewakan karena Anda tidak memenangkan lomba tersebut. Sebagai satu-satunya
guru yang mengikuti lomba itu, apa yang akan Anda lakukan?
A. Akan mencatat semua tugas-tugas
agar tidak ada yang terlupa lagi
B. Mengakui bahwa hal tersebut
dikarenakan kekurangmampuan dalam mengatur waktu
C. Berusaha mencermati kelemahan
artikel saya meskipun tidak menemukannya
D. Menyadari bahwa seharusnya saya
menolak permintaan Kepala Sekolah dari awal
E. Menganggap panitia kurang
memiliki keadilan dalam penilaian lomba itu
Kunci Jawaban: A. Akan mencatat semua tugas-tugas agar
tidak ada yang terlupa lagi
2. Anda datang ke sekolah setengah
jam lebih lambat dikarenakan harus mengantar anak Anda ke dokter. Anda
sebenarnya sudah berusaha untuk mengantar lebih pagi namun ternyata tetap
terlambat. Di satu sisi, ada kesepakatan yang berlaku di kelas Anda bahwa toleransi
keterlambatan adalah 15 menit. Sebagai guru kelas, apa yang akan Anda lakukan
ketika menemui situasi tersebut?
A. Meminta maaf dan membuat
kesepakatan konsekuensi dengan peserta didik
B. Meminta maaf sambil menjelaskan
alasan kepada peserta didik di kelas
C. Berupaya untuk menerangkan
alasan keterlambatan saya kepada peserta didik
D. Merasa tidak enak karena
melanggar kesepakatan kelas
E. Langsung memberi materi
pelajaran begitu masuk ke kelas
Kunci Jawaban: A. Meminta maaf dan membuat kesepakatan konsekuensi dengan peserta didik
3. Dalam rangka
mewujudkan sekolah ramah anak, Anda diminta kepala sekolah untuk menggali data
tentang kebahagiaan peserta didik di sekolah. Anda pün melakukan survei kepada
seluruh warga sekolah dan memperoleh data yang banyak sekali. Hanya saja, Anda
kebingungan menindaklanjuti data- data tersebut. Sebagai guru yang ditunjuk
sebagai koordinator, tindakan apa yang Anda prioritaskan?
A. Menyadari
bahwa data tersebut perlu diinterpretasi
B. Menganalisis
data hasil survei tersebut
C. Mengumpulkan
data mentah kepada kepala sekolah
D. Berupaya
melakukan evaluasi semampunya
E. Mengajak
guru lain untuk mendiskusikan hasil survey
4. Anda ingin mengganti tata ruang
kelas dengan melibatkan pendapat peserta didiknya. Dengan antusias, peserta
didik memberikan usulan dan pendapatnya. Anda sangat mengapresiasi hal
tersebut, namun Anda menyadari bahwa ide dari peserta didik ternyata kurang
sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai guru kelas, apa tindakan yang Anda
lakukan?
A. Berupaya untuk menghargai hasil
pemikiran peserta didik meskipun merasa kurang puas
B. Melakukan evaluasi bersama
peserta didik tentang ide mereka
C. Menyadari bahwa ide peserta
didik harus dihargai meskipun masih kurang sesuai
D. Tetap menggunakan tata ruang
dari peserta didik untuk menghargai mereka
E. Langsung mengganti tata ruang
kelas dengan ide yang lebih baik dari usulan peserta didik
A. Mengosongkan jam pelajaran daripada tidak dapat
mengendalikan emosi marah di kelas
B. Menyadari bahwa saya harus mengendalikan emosi dengan baik
C. Berusaha untuk tetap tersenyum meskipun sulit untuk dilakukan
D. Tetap menyapa nama setiap peserta didik dan menanyakan kabar mereka
E. Melupakan konflik sementara dan membuka aktivitas pembelajaran dengan hangat
Kunci Jawaban: E. Melupakan konflik sementara dan
membuka aktivitas pembelajaran dengan hangat
Kunci Jawaban Post Test Modul 2 PSE 2 PPG 2024
1. Sekolah Anda melaksanakan program untuk mengasah empati
peserta didik, dikarenakan tingginya kasus perundungan yang ada di sekolah.
Setelah dilaksanakan program selama satu semester, Anda merasa tidak ada
perubahan yang signifikan. Hal yang sama juga dirasakan oleh guru lain. Di sisi
lain, Anda tidak menjadi panitia dari program tersebut. Sebagai salah satu guru
di sekolah itu, apa tindakan yang Anda lakukan?
A. Merasa bukan menjadi tanggung jawab saya
B. Meminta panitia untuk melakukan evaluasi program
C. Memfasilitasi diskusi antara guru yang menjadi panitia dan nonpanitia
D. Berupaya untuk menggali informasi dari peserta didik
E. Berdiskusi dengan pihak panitia terkait target program yang diinginkan
Kunci Jawaban: C. Memfasilitasi diskusi antara guru
yang menjadi panitia dan nonpanitia
2. Anda membeli makan siang di kantin, namun melihat antrean
panjang di kasir. Ketika kasir melihat Anda ingin membayar, ia mempersilakan
Anda untuk langsung ke depan karena Anda seorang guru. Anda sebenarnya ingin
mengantre sebagaimana yang biasanya Anda ajarkan, namun Anda sedang
terburu-buru mempersiapkan materi pelajaran berikutnya. Apa tindakan Anda bila
menghadapi kasus ini?
A. Merasa tidak nyaman ketika harus mendahului antrean
tersebut
B. Mengantre untuk menjadi contoh bagi guru dan peserta didik
C. Segera membayar dan berterima kasih kepada kasir karena memberi izin
D. Tetap mengantre sambil meminta untuk mempercepat pelayanan
E. Tidak akan mendahului antrean bila tidak dalam kondisi mendesak
Kunci Jawaban: B. Mengantre untuk menjadi contoh bagi
guru dan peserta didik
3. Di pertemuan hari ini, Anda ingin peserta didik
memberikan contoh-contoh kongkret dari setiap sila Pancasila. Ketika Anda
mencoba menanyakan satu persatu, ternyata mereka tidak dapat menyebutkan
sila-sila tersebut. Padahal Anda telah menyampaikan materi tentang sila
Pancasila beserta simbolnya masing-masing pada pertemuan sebelumnya. Sebagai
guru PPKN, bagaimana Anda menyikapinya?
A. Mengulangi materi sebelumnya dan meminta peserta didik
memberi jawaban tertulis
B. Memaklumi kesulitan peserta didik dalam mencari contoh konkret secara
individual
C. Meminta peserta didik mendiskusikan kelima contoh sila di dalam kelompok
yang telah ditentukan ditentukan
D. Berupaya untuk membuat peserta didik melakukan aktivitas selain menulis dan
menghafal
E. Membagi kelas ke dalam lima kelompok (berdasarkan sila) dan mendiskusikan
contoh di tiap kelompoknya
Kunci Jawaban: E. Membagi kelas ke dalam lima kelompok
(berdasarkan sila) dan mendiskusikan contoh di tiap kelompoknya
4. Sinta adalah keponakan Anda yang bersekolah di tempat
Anda mengajar. Satu tahun terakhir ia mengalami kesulitan konsentrasi dan
penurunan nilai dikarenakan kondisi orangtuanya yang sering berkonflik di
rumah. Ketika Anda menyampaikan kepada orangtua, mereka meminta Anda untuk
membantu nilai Sinta. Anda ingin menolak permintaan tersebut namun merasa iba
dengan Sinta. Jika Anda menghadapi situasi tersebut, apa yang Anda lakukan?
A. Menyatakan penolakan secara tegas karena hal tersebut
tidak sesuai dengan integritas guru
B. Mencoba menolak dengan penyampaian yang halus dan sopan
C. Memahami bahwa saya memiliki integritas yang harus dijaga
D. Melakukan permintaan tersebut namun tidak di semua mata pelajaran
E. Meminta orangtua untuk bersama-sama membantu Sinta tanpa melakukan
pelanggaran etika
Kunci Jawaban: E. Meminta orangtua untuk bersama-sama
membantu Sinta tanpa melakukan pelanggaran etika
5. Salah seorang peserta didik di kelas Anda sudah seminggu
tidak masuk sekolah dikarenakan sakit. Sebagai guru kelas, Anda bermaksud
mengajak teman-temannya untuk menjenguk. Hampir seluruh peserta didik dengan
antusias merespon ajakan tersebut, namun ada lima orang yang menolak karena
khawatir akan tertular. Tindakan apa yang Anda prioritaskan bila Anda
menghadapi situasi tersebut?
A. Hanya mengajak peserta didik yang mau ikut serta untuk
menjenguk temannya
B. Meminta semua teman untuk menjenguk dengan tetap menjaga protokol kesehatan
C. Berharap semua teman-teman di kelas mau menjenguk juga
D Berusaha untuk menanamkan bahwa menjenguk itu sebagai bentuk empati
E. Mengajak semua teman menjenguk dengan memastikan bahwa peserta didik itu
aman dikunjungi
Kunci Jawaban: E. Mengajak semua teman menjenguk
dengan memastikan bahwa peserta didik itu aman dikunjungi
Kunci Jawaban Post Test Modul 2 PSE 3 PPG 2024
1. Di kelas Anda ada kelompok
peserta didik yang tampak dominan di kelas, namun ada pula peserta didik yang
cenderung pasif dan malu bila harus tampil di depan umum. Selaku guru kelas,
Anda sudah meminta kepada semua peserta didik untuk meningkatkan keberaniannya
dalam menyampaikan pendapat, namun belum ada perubahan yang signifikan. Jika
menemui kasus tersebut, apa yang Anda lakukan?
A. Menyadari bahwa beberapa orang
membutuhkan waktu untuk tampil di depan umum
B. Berupaya mempersuasi agar semua berani menyampaikan pendapatnya
C. Memberikan apresiasi pada peserta didik yang berani bertanya
D. Langsung menunjuk peserta didik yang tampak malu dan pasif untuk bertanya
E. Meminta teman-teman memberi semangat kepada teman yang sudah lebih berani
Kunci Jawaban: E. Meminta
teman-teman memberi semangat kepada teman yang sudah lebih berani
2. Anda adalah guru Fisika kelas
12 yang sedang memberikan materi tentang Gelombang Elektromagnetik. Di kelas,
banyak peserta didik yang tampak bingung dan mengajukan banyak pertanyaan. Anda
sebenarnya ingin meneruskan menjawab pertanyaan mereka namun waktu untuk mata
pelajaran Anda tersisa 15 menit. Apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?
A. Memberikan apresiasi pada
peserta didik yang berani bertanya
B. Meminta teman-teman memberi semangat kepada teman yang sudah lebih berani
C. Menyadari bahwa beberapa orang membutuhkan waktu untuk tampil di depan umum
D. Langsung menunjuk peserta didik yang tampak malu dan pasif untuk bertanya
E. Berupaya mempersuasi agar semua berani menyampaikan pendapatnya
Kunci Jawaban: B. Meminta
teman-teman memberi semangat kepada teman yang sudah lebih berani
3. Anda ditugaskan membimbing
peserta didik dalam menghadapi lomba olimpiade antar sekolah. Ketika mengetahui
peserta dari sekolah lain, Anda menyadari bahwa kompetisinya akan sangat
tinggi, namun Anda tetap berupaya membimbing peserta didik yang menjadi
tanggung jawab Anda secara intensif. Ternyata tim yang Anda bimbing belum
berhasil menjadi juara, sehingga membuat para peserta didik Anda merasa kecewa.
Sebagai guru mereka, bagaimana Anda menyikapinya?
A. Mengidentifikasi penyebab
kekalahan
B. Menekankan pada pengalaman yang diperoleh
C. Tetap menyemangati mereka
D. Memahami kekecewaan mereka
E. Merasa bahwa upaya yang dilakukan sia-sia
Kunci Jawaban: A.
Mengidentifikasi penyebab kekalahan
4. Suatu ketika ada salah seorang
rekan guru yang berkomentar negatif tentang cara mengajar Anda. Anda sebenarnya
berupaya menerima komentar itu sebagai sebuah masukan. Meskipun demikian, Anda
merasa kurang nyaman karena ia menyampaikannya di depan murid-murid di kelas
Anda. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
A. Tetap tenang dan tidak tersulut
emosi sesaat
B. Mencoba menahan diri hingga tidak ada peserta didik
C. Tersenyum saja meski merasa sakit hati
D. Mengambil sikap tenang dan mengucapkan terima kasih
E. Menegurnya di depan peserta didik
Kunci Jawaban: D. Mengambil sikap tenang dan
mengucapkan terima kasih
5. Sekolah Anda menjalin kerja sama dengan puskesmas
terdekat untuk menjamin kesehatan fisik seluruh peserta didik. Meskipun
demikian, Anda merasa lembaga yang diajak kerjasama tersebut tampak kurang
berperanan. Masih banyak peserta didik yang sering tidak masuk dikarenakan
alasan sakit. Sebagai guru yang memiliki tugas tambahan untuk mengelola UKS,
apa tindakan Anda?
A. Meminta kepala sekolah untuk mencari puskesmas lain yang
lebih baik
B. Menanyakan pendapat rekan guru lain
C. Mengajak diskusi pihak puskesmas untuk mengevaluasi kegiatan yang berjalan
D. Berpikir tentang melakukan evaluasi dari kerjasama itu selama ini
E. Mencoba memberikan survei kepada peserta didik yang pergi ke UKS
Kunci Jawaban: C. Mengajak diskusi pihak puskesmas
untuk mengevaluasi kegiatan yang berjalan
Catatan : Hanya sebagai refrensi yang tepat.
Komentar
Posting Komentar