Jawaban Latihan Pemahaman Modul pse-3 , 1,2 dan 3

Jawaban Latihan Pemahaman 

Modul pse-3 , 1,2 dan 3 




Dalam Post Test PSE Umum 1, 2, dan 3 untuk Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2024, para guru diminta untuk menjawab 15 soal pada Latihan Pemahaman Modul 2. Soal-soal yang berkaitan dengan Pendidikan Sosial Emosional (PSE) pada Modul 2 ini muncul di Platform Merdeka Mengajar (PMM) saat para guru yang terdaftar dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk Guru Tertentu Dalam Jabatan 2024 mengikuti pelatihan tersebut.

Bapak/ibu guru bisa menggunakan referensi jawaban yang disediakan di bawah ini untuk membantu menjawab Post Test Modul 2 terkait Pendidikan Sosial Emosional (PSE) 1, 2, dan 3 dalam PPG 2024.

Salah satu soal yang sering muncul dalam Latihan Pemahaman Modul 2 Pendidikan Sosial Emosional adalah skenario berikut: "Anda ditugaskan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti lomba menulis artikel ilmiah dan Anda pun mendaftar dalam kegiatan tersebut. Namun, karena banyaknya tugas administrasi yang harus diselesaikan di sekolah, Anda baru mulai menulis artikel tersebut pada hari terakhir. Akibatnya, hasilnya tidak memuaskan dan Anda tidak memenangkan lomba. Sebagai satu-satunya guru yang mengikuti lomba tersebut, apa yang akan Anda lakukan?"

Skenario ini menantang para guru untuk merenungkan bagaimana mereka merespons kegagalan dan tekanan dalam menjalani tanggung jawab sebagai pendidik. Guru diharapkan dapat memahami pentingnya manajemen waktu, komitmen terhadap tugas, serta bagaimana menghadapi kegagalan dengan cara yang positif dan produktif, sambil tetap fokus pada pengembangan diri dan profesionalisme.

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 PSE 1 PPG 2024

1. Anda ditugaskan Kepala Sekolah untuk mengikuti lomba menulis artikel ilmiah dan Anda pun mendaftar di kegiatan tersebut. Dikarenakan banyaknya kegiatan administrasi di sekolah yang harus diselesaikan, Anda baru menulis artikel di hari terakhir. Hasilnya cukup mengecewakan karena Anda tidak memenangkan lomba tersebut. Sebagai satu-satunya guru yang mengikuti lomba itu, apa yang akan Anda lakukan?

A. Akan mencatat semua tugas-tugas agar tidak ada yang terlupa lagi

B. Mengakui bahwa hal tersebut dikarenakan kekurangmampuan dalam mengatur waktu

C. Berusaha mencermati kelemahan artikel saya meskipun tidak menemukannya

D. Menyadari bahwa seharusnya saya menolak permintaan Kepala Sekolah dari awal

E. Menganggap panitia kurang memiliki keadilan dalam penilaian lomba itu

 

Kunci Jawaban: A. Akan mencatat semua tugas-tugas agar tidak ada yang terlupa lagi

2. Anda datang ke sekolah setengah jam lebih lambat dikarenakan harus mengantar anak Anda ke dokter. Anda sebenarnya sudah berusaha untuk mengantar lebih pagi namun ternyata tetap terlambat. Di satu sisi, ada kesepakatan yang berlaku di kelas Anda bahwa toleransi keterlambatan adalah 15 menit. Sebagai guru kelas, apa yang akan Anda lakukan ketika menemui situasi tersebut?

A. Meminta maaf dan membuat kesepakatan konsekuensi dengan peserta didik

B. Meminta maaf sambil menjelaskan alasan kepada peserta didik di kelas

C. Berupaya untuk menerangkan alasan keterlambatan saya kepada peserta didik

D. Merasa tidak enak karena melanggar kesepakatan kelas

E. Langsung memberi materi pelajaran begitu masuk ke kelas

Kunci Jawaban: A. Meminta maaf dan membuat kesepakatan konsekuensi dengan peserta didik

3. Dalam rangka mewujudkan sekolah ramah anak, Anda diminta kepala sekolah untuk menggali data tentang kebahagiaan peserta didik di sekolah. Anda pün melakukan survei kepada seluruh warga sekolah dan memperoleh data yang banyak sekali. Hanya saja, Anda kebingungan menindaklanjuti data- data tersebut. Sebagai guru yang ditunjuk sebagai koordinator, tindakan apa yang Anda prioritaskan?

A. Menyadari bahwa data tersebut perlu diinterpretasi

B. Menganalisis data hasil survei tersebut

C. Mengumpulkan data mentah kepada kepala sekolah

D. Berupaya melakukan evaluasi semampunya

E. Mengajak guru lain untuk mendiskusikan hasil survey

 Kunci Jawaban: E. Mengajak guru lain untuk mendiskusikan hasil survei

4. Anda ingin mengganti tata ruang kelas dengan melibatkan pendapat peserta didiknya. Dengan antusias, peserta didik memberikan usulan dan pendapatnya. Anda sangat mengapresiasi hal tersebut, namun Anda menyadari bahwa ide dari peserta didik ternyata kurang sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai guru kelas, apa tindakan yang Anda lakukan?

A. Berupaya untuk menghargai hasil pemikiran peserta didik meskipun merasa kurang puas

B. Melakukan evaluasi bersama peserta didik tentang ide mereka

C. Menyadari bahwa ide peserta didik harus dihargai meskipun masih kurang sesuai

D. Tetap menggunakan tata ruang dari peserta didik untuk menghargai mereka

E. Langsung mengganti tata ruang kelas dengan ide yang lebih baik dari usulan peserta didik

 Kunci Jawaban: B. Melakukan evaluasi bersama peserta didik tentang ide mereka

 5. Sebelum berangkat ke sekolah hari ini Anda berkonflik dengan pasangan, yang berdampak terhadap suasana hati yang kurang baik. Anda sebenarnya sedang tidak ingin bertemu dengan banyak orang namun peserta didik Anda menunggu di kelas. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan sebagai guru kelas?

A. Mengosongkan jam pelajaran daripada tidak dapat mengendalikan emosi marah di kelas
B. Menyadari bahwa saya harus mengendalikan emosi dengan baik
C. Berusaha untuk tetap tersenyum meskipun sulit untuk dilakukan
D. Tetap menyapa nama setiap peserta didik dan menanyakan kabar mereka
E. Melupakan konflik sementara dan membuka aktivitas pembelajaran dengan hangat

Kunci Jawaban: E. Melupakan konflik sementara dan membuka aktivitas pembelajaran dengan hangat


Kunci Jawaban Post Test Modul 2 PSE 2 PPG 2024

1. Sekolah Anda melaksanakan program untuk mengasah empati peserta didik, dikarenakan tingginya kasus perundungan yang ada di sekolah. Setelah dilaksanakan program selama satu semester, Anda merasa tidak ada perubahan yang signifikan. Hal yang sama juga dirasakan oleh guru lain. Di sisi lain, Anda tidak menjadi panitia dari program tersebut. Sebagai salah satu guru di sekolah itu, apa tindakan yang Anda lakukan?

A. Merasa bukan menjadi tanggung jawab saya
B. Meminta panitia untuk melakukan evaluasi program
C. Memfasilitasi diskusi antara guru yang menjadi panitia dan nonpanitia
D. Berupaya untuk menggali informasi dari peserta didik
E. Berdiskusi dengan pihak panitia terkait target program yang diinginkan

Kunci Jawaban: C. Memfasilitasi diskusi antara guru yang menjadi panitia dan nonpanitia

2. Anda membeli makan siang di kantin, namun melihat antrean panjang di kasir. Ketika kasir melihat Anda ingin membayar, ia mempersilakan Anda untuk langsung ke depan karena Anda seorang guru. Anda sebenarnya ingin mengantre sebagaimana yang biasanya Anda ajarkan, namun Anda sedang terburu-buru mempersiapkan materi pelajaran berikutnya. Apa tindakan Anda bila menghadapi kasus ini?

A. Merasa tidak nyaman ketika harus mendahului antrean tersebut
B. Mengantre untuk menjadi contoh bagi guru dan peserta didik
C. Segera membayar dan berterima kasih kepada kasir karena memberi izin
D. Tetap mengantre sambil meminta untuk mempercepat pelayanan
E. Tidak akan mendahului antrean bila tidak dalam kondisi mendesak

Kunci Jawaban: B. Mengantre untuk menjadi contoh bagi guru dan peserta didik

3. Di pertemuan hari ini, Anda ingin peserta didik memberikan contoh-contoh kongkret dari setiap sila Pancasila. Ketika Anda mencoba menanyakan satu persatu, ternyata mereka tidak dapat menyebutkan sila-sila tersebut. Padahal Anda telah menyampaikan materi tentang sila Pancasila beserta simbolnya masing-masing pada pertemuan sebelumnya. Sebagai guru PPKN, bagaimana Anda menyikapinya?

A. Mengulangi materi sebelumnya dan meminta peserta didik memberi jawaban tertulis
B. Memaklumi kesulitan peserta didik dalam mencari contoh konkret secara individual
C. Meminta peserta didik mendiskusikan kelima contoh sila di dalam kelompok yang telah ditentukan ditentukan
D. Berupaya untuk membuat peserta didik melakukan aktivitas selain menulis dan menghafal
E. Membagi kelas ke dalam lima kelompok (berdasarkan sila) dan mendiskusikan contoh di tiap kelompoknya

Kunci Jawaban: E. Membagi kelas ke dalam lima kelompok (berdasarkan sila) dan mendiskusikan contoh di tiap kelompoknya

4. Sinta adalah keponakan Anda yang bersekolah di tempat Anda mengajar. Satu tahun terakhir ia mengalami kesulitan konsentrasi dan penurunan nilai dikarenakan kondisi orangtuanya yang sering berkonflik di rumah. Ketika Anda menyampaikan kepada orangtua, mereka meminta Anda untuk membantu nilai Sinta. Anda ingin menolak permintaan tersebut namun merasa iba dengan Sinta. Jika Anda menghadapi situasi tersebut, apa yang Anda lakukan?

A. Menyatakan penolakan secara tegas karena hal tersebut tidak sesuai dengan integritas guru
B. Mencoba menolak dengan penyampaian yang halus dan sopan
C. Memahami bahwa saya memiliki integritas yang harus dijaga
D. Melakukan permintaan tersebut namun tidak di semua mata pelajaran
E. Meminta orangtua untuk bersama-sama membantu Sinta tanpa melakukan pelanggaran etika

Kunci Jawaban: E. Meminta orangtua untuk bersama-sama membantu Sinta tanpa melakukan pelanggaran etika

5. Salah seorang peserta didik di kelas Anda sudah seminggu tidak masuk sekolah dikarenakan sakit. Sebagai guru kelas, Anda bermaksud mengajak teman-temannya untuk menjenguk. Hampir seluruh peserta didik dengan antusias merespon ajakan tersebut, namun ada lima orang yang menolak karena khawatir akan tertular. Tindakan apa yang Anda prioritaskan bila Anda menghadapi situasi tersebut?

A. Hanya mengajak peserta didik yang mau ikut serta untuk menjenguk temannya
B. Meminta semua teman untuk menjenguk dengan tetap menjaga protokol kesehatan
C. Berharap semua teman-teman di kelas mau menjenguk juga
D  Berusaha untuk menanamkan bahwa menjenguk itu sebagai bentuk empati
E. Mengajak semua teman menjenguk dengan memastikan bahwa peserta didik itu aman dikunjungi

Kunci Jawaban: E. Mengajak semua teman menjenguk dengan memastikan bahwa peserta didik itu aman dikunjungi


Kunci Jawaban Post Test Modul 2 PSE 3 PPG 2024

1. Di kelas Anda ada kelompok peserta didik yang tampak dominan di kelas, namun ada pula peserta didik yang cenderung pasif dan malu bila harus tampil di depan umum. Selaku guru kelas, Anda sudah meminta kepada semua peserta didik untuk meningkatkan keberaniannya dalam menyampaikan pendapat, namun belum ada perubahan yang signifikan. Jika menemui kasus tersebut, apa yang Anda lakukan?

A. Menyadari bahwa beberapa orang membutuhkan waktu untuk tampil di depan umum
B. Berupaya mempersuasi agar semua berani menyampaikan pendapatnya
C. Memberikan apresiasi pada peserta didik yang berani bertanya
D. Langsung menunjuk peserta didik yang tampak malu dan pasif untuk bertanya
E. Meminta teman-teman memberi semangat kepada teman yang sudah lebih berani

Kunci Jawaban: E. Meminta teman-teman memberi semangat kepada teman yang sudah lebih berani

 

2. Anda adalah guru Fisika kelas 12 yang sedang memberikan materi tentang Gelombang Elektromagnetik. Di kelas, banyak peserta didik yang tampak bingung dan mengajukan banyak pertanyaan. Anda sebenarnya ingin meneruskan menjawab pertanyaan mereka namun waktu untuk mata pelajaran Anda tersisa 15 menit. Apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?

A. Memberikan apresiasi pada peserta didik yang berani bertanya
B. Meminta teman-teman memberi semangat kepada teman yang sudah lebih berani
C. Menyadari bahwa beberapa orang membutuhkan waktu untuk tampil di depan umum
D. Langsung menunjuk peserta didik yang tampak malu dan pasif untuk bertanya
E. Berupaya mempersuasi agar semua berani menyampaikan pendapatnya

Kunci Jawaban: B. Meminta teman-teman memberi semangat kepada teman yang sudah lebih berani

3. Anda ditugaskan membimbing peserta didik dalam menghadapi lomba olimpiade antar sekolah. Ketika mengetahui peserta dari sekolah lain, Anda menyadari bahwa kompetisinya akan sangat tinggi, namun Anda tetap berupaya membimbing peserta didik yang menjadi tanggung jawab Anda secara intensif. Ternyata tim yang Anda bimbing belum berhasil menjadi juara, sehingga membuat para peserta didik Anda merasa kecewa. Sebagai guru mereka, bagaimana Anda menyikapinya?

A. Mengidentifikasi penyebab kekalahan
B. Menekankan pada pengalaman yang diperoleh
C. Tetap menyemangati mereka
D. Memahami kekecewaan mereka
E. Merasa bahwa upaya yang dilakukan sia-sia

Kunci Jawaban: A. Mengidentifikasi penyebab kekalahan

4. Suatu ketika ada salah seorang rekan guru yang berkomentar negatif tentang cara mengajar Anda. Anda sebenarnya berupaya menerima komentar itu sebagai sebuah masukan. Meskipun demikian, Anda merasa kurang nyaman karena ia menyampaikannya di depan murid-murid di kelas Anda. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

A. Tetap tenang dan tidak tersulut emosi sesaat
B. Mencoba menahan diri hingga tidak ada peserta didik
C. Tersenyum saja meski merasa sakit hati
D. Mengambil sikap tenang dan mengucapkan terima kasih
E. Menegurnya di depan peserta didik

Kunci Jawaban: D. Mengambil sikap tenang dan mengucapkan terima kasih

5. Sekolah Anda menjalin kerja sama dengan puskesmas terdekat untuk menjamin kesehatan fisik seluruh peserta didik. Meskipun demikian, Anda merasa lembaga yang diajak kerjasama tersebut tampak kurang berperanan. Masih banyak peserta didik yang sering tidak masuk dikarenakan alasan sakit. Sebagai guru yang memiliki tugas tambahan untuk mengelola UKS, apa tindakan Anda?

A. Meminta kepala sekolah untuk mencari puskesmas lain yang lebih baik
B. Menanyakan pendapat rekan guru lain
C. Mengajak diskusi pihak puskesmas untuk mengevaluasi kegiatan yang berjalan
D. Berpikir tentang melakukan evaluasi dari kerjasama itu selama ini
E. Mencoba memberikan survei kepada peserta didik yang pergi ke UKS

Kunci Jawaban: C. Mengajak diskusi pihak puskesmas untuk mengevaluasi kegiatan yang berjalan


Catatan : Hanya sebagai refrensi yang tepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ATLETIK LARI CEPAT

Lari 400 M

Ringkasan materi atletik kelas XI kurikulum Merdeka