Jawaban Modul 1 Topik 3 PPG 2024 Menerapkan Pendekatan Teaching at The Right Level
Jawaban Modul 1 Topik 3 PPG 2024
Menerapkan Pendekatan Teaching at The Right Level
1. Makna yang paling menggambarkan pembelajaran berbasis
pendekatan TaRL adalah.....
- Pembelajaran
sesuai dengan tingkatan kelas peserta didik
- Pembelajaran
sesuai dengan usia peserta didik
- Pembelajaran
sesuai dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam
- Pembelajaran
sesuai dengan latar belakang budaya peserta didik
- Pembelajaran
sesuai dengan kepribadian peserta didik
Jawaban:
Pembelajaran sesuai dengan kemampuan awal peserta
didik yang beragam
2. Tujuan dilakukannya asesmen awal pada pembelajaran
berbasis pendekatan TaRL adalah...
- Mendapatkan
data kepribadian peserta didik
- Mendapatkan
data kemampuan awal peserta didik
- Mendapatkan
data keluarga peserta didik
- Mendapatkan
data minat dan bakat peserta didik
- Mendapatkan
data prestasi peserta didik
Jawaban:
Mendapatkan data kemampuan awal peserta didik
3. Hal yang perlu dipertimbangkan oleh guru ketika merancang
aktivitas pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah....
- Aktivitas
dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan
kurang
- Aktivitas
dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan
sedang
- Aktivitas
dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan
cepat
- Aktivitas
dirancang dengan mempertimbangkan kemampuan peserta didik yang beragam
- Aktivitas
dapat dirancang tanpa mempertimbangkan kemampuan peserta didik
Jawaban:
Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan kemampuan
peserta didik yang beragam
4. Berikut ini merupakan hal yang perlu dilakukan guru pada
persiapan rencana asesmen awal, kecuali...
- Melakukan
identifikasi karakteristik peserta didik
- Melakukan
identifikasi latar belakang keluarga peserta didik
- Merencanakan
bentuk asesmen yang diberikan
- Merencanakan
jadwal lokasi dan waktu asesmen
- Merancang
instrumen asesmen penilaian sesuai capaian pembelajaran
Jawaban:
Melakukan identifikasi latar belakang keluarga peserta
didik
5. Ketika merancang pembelajaran, guru dapat melakukan
diferensiasi pada proses, konten, dan produk. Diferensiasi yang dipilih pada
penerapan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah....
- Diferensiasi
proses saja, diferensiasi konten dan diferensiasi produk tidak mungkin
digunakan
- Diferensiasi
konten saja, diferensiasi proses dan diferensiasi produk tidak mungkin
digunakan
- Diferensiasi
produk saja, diferensiasi proses dan diferensiasi konten tidak mungkin
digunakan
- Semua
jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan tapi tidak dapat digunakan
semua dalam satu pembelajaran
- Semua
jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan, akan tetapi pemilihannya
disesuaikan dengan kebutuhan
Jawaban:
Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan,
akan tetapi pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan
6. Hasil asesmen kognitif awal dapat digunakan guru untuk
hal- hal berikut ini, kecuali....
- Menentukan
tujuan pembelajaran
- Menentukan
pengelompokkan peserta didik
- Menentukan
aktivitas pembelajaran
- Menentukan
media pembelajaran
- Menentukan
sumber belajar
Jawaban:
Menentukan tujuan pembelajaran
7. Pak Panji akan mengajarkan sebuah topik baru kepada
peserta didiknya, namun ia belum mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai
materi prasyaratnya. Hal yang perlu dilakukan oleh Pak Panji adalah...
- Melakukan
wawancara pada beberapa peserta didik terkait pengalaman belajar terkait
topik prasyarat ini
- Merencanakan
pelaksanaan asesmen awal untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta
didik
- Meminta
data pada pihak sekolah terkait minat dan bakat peserta didik
- Mempersiapkan
kegiatan pembelajaran sambil mengira-ngira kebutuhan peserta didik
- Langsung
mengajar dan melakukan improvisasi di tempat ketika menemukan adanya
perbedaan kemampuan peserta didik
Jawaban:
Merencanakan pelaksanaan asesmen awal untuk
mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik
8. Sebagai seorang guru, Ibu Dewi menyadari bahwa peserta
didiknya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ia
mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kemampuannya. Namun pada
pelaksanaannya, ia mengalami kesulitan karena begitu banyak pertanyaan yang
muncul dari setiap kelompok. Hal yang perlu dilakukan Ibu Dewi adalah..
- Memberikan
bantuan pada setiap peserta didik secara bergiliran dan meminta peserta
didik untuk saling menunggu giliran
- Memfasilitasi
peserta didik untuk dapat saling berkolaborasi dan bertukar pengetahuan
sehingga mereka dapat membantu satu sama lain dan mengkonfirmasi
pemahamannya pada guru
- Meminta
peserta didik untuk bekerja sebisanya terlebih dahulu baru nanti
dijelaskan secara umum
- Semua
benar
- Semua
salah
Jawaban:
Memfasilitasi peserta didik untuk dapat saling
berkolaborasi dan bertukar pengetahuan sehingga mereka dapat membantu satu sama
lain dan mengkonfirmasi pemahamannya pada guru
9. Diberikan langkah-langkah berikut ini:
- Menentukan
tujuan pembelajaran
- Melakukan
asesmen awal kemampuan awal
- Melakukan
asesmen sumatif
- Merancang
kegiatan pembelajaran
- Mempersiapkan
sistem pendukung pembelajaran
Alur/tahapan yang perlu dilakukan oleh guru untuk
merencanakan pembelajaran berbasis TaRL adalah...
- 1-2-4
- 1-3-5
- 4-3-2
- 1-2-3
- 3-4-5
Jawaban:
1-2-4
10. Ibu Diaz melaksanakan pembelajaran pada topik perkalian.
la mendapati bahwa sebagian peserta didik kesulitan mengikuti pembelajaran
karena kurang menguasai materi prasyaratnya. Sebaliknya, sebagian peserta didik
dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan mudah. Berikut ini langkah yang perlu
dilakukan Ibu Diaz pada pembelajaran berikutnya untuk mengatasi masalah
tersebut, kecuali...
- Mengembangkan
diferensiasi konten
- Mendesain
diferensiasi kegiatan pembelajaran
- Menerapkan
asesmen awal kognitif
- Merumuskan
diferensiasi asesmen formati
- Merumuskan
diferensiasi produk/proyek
Jawaban:
Menerapkan asesmen awal kognitif
Reflektif
Bapak/Ibu Guru, sebelum melanjutkan
pembelajaran ke topik IV, refleksikan apa yang sudah Bapak/Ibu Guru pelajari
pada topik III. Ceritakan apa inspirasi yang Bapak/Ibu Guru dapatkan setelah
mempelajari topik ini?
Alternatif jawaban :
Saya memahami pentingnya menerapkan prinsip Teaching at
The Right Level dalam pembelajaran di kelas. Meskipun semua peserta didik
berada di fase yang sama, kita harus menyadari bahwa kesiapan belajar,
kemampuan, dan pengetahuan mereka sangat bervariasi. Oleh karena itu, saya
merasa perlu untuk lebih memahami langkah-langkah yang harus dilakukan guna
mengidentifikasi perbedaan tersebut, serta bagaimana saya dapat menyesuaikan
metode pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan dan karakter setiap peserta
didik. Dengan demikian, saya dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih
inklusif dan efektif bagi semua siswa.
Komentar
Posting Komentar