Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1-3 PMM, PPG 2024 Post 2
Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 2 PMM, Prinsip Pengajaran dan Asesmen Umum Modul PPG 2024
Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 2
1. Selama 5 tahun terakhir Anda adalah guru kelas tinggi,
namun tahun ini Anda diminta untuk mengajar di kelas rendah, yaitu kelas 1.
Ketika Anda harus mengajarkan konsep angka, Anda mencoba menyampaikannya dengan
menuliskan bilangan- bilangan di papan tulis, namun para peserta didik tampak
tidak ada yang memperhatikan dan bermain sendiri-sendiri. Bagaimana Anda
mengatasi kejadian tersebut?
A. Meminta peserta didik untuk memperhatikan angka yang
telah ditulis di papan tulis
B. Mencari ide tentang penyampaian materi matematika dengan
konsep yang lebih menarik
C. Membuat satu set kartu angka dan meminta peserta didik
untuk mengurutkannya
D. Berupaya untuk melakukan aktivitas bermain dan belajar
meski belum begitu paham caranya
E. Mengajak peserta didik untuk mencocokkan jumlah kancing
dengan angka yang sesuai
Kunci Jawaban : C
2. Anda merasa bahwa tes tertulis yang digunakan selama ini
belum dapat mengungkapkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Tahun ini
Anda ingin menggunakan strategi asesmen lain yang dapat menilai pemahaman
sekaligus kemampuan mentransfer pengetahuan peserta didik. Sebagai guru mata
pelajaran, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?
A. Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan
B. Menggunakan metode presentasi secara individual
C. Melakukan tanya jawab secara lisan untuk mengungkap kedua
unsur penilaian tersebut
D. Memikirkan asesmen lain yang lebih tepat dalam mengungkap
pemahaman sekaligus mentransfer pengetahuan
E. Menambah jumlah dan variasi soal tes tertulis, serta
mengatur ulang waktu pengerjaannya
Kunci Jawaban : A
3. Anda mengampu Bahasa Inggris. Anda menyadari bahwa
kemampuan menulis cenderung kurang diperhatikan dalam mata pelajaran ini, dan
Anda berencana untuk melatihnya. Selama ini sebenarnya Anda sudah berusaha
memberikan tugas-tugas menulis, namun hasil yang ditunjukkan oleh peserta didik
cukup beragam antar kategori tulisan, seperti antara essai, tulisan reportase
kejadian, cerita, dan sebagainya. Apa yang Anda lakukan kemudian pada penugasan
kali ini?
A. Meminta semua peserta didik membuat tulisan dengan
kategori dan tema yang sama
B. Memberi penugasan yang berbeda dalam hal tema jenis, dan
detil ketentuan tulisan
C. Memahami bahwa dibutuhkan latihan menulis yang berbeda
berdasarkan kemampuan peserta didik
D. Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik
yang kemahiran menulisnya beragam
E. Mencoba memberikan panduan atau tugas menulis dalam
kategori yang bervariasi
Kunci Jawaban : D
4. Anda adalah guru Bahasa Inggris di sebuah SD. Minggu ini
Anda berencana untuk mengaitkan antara budaya dengan perkembangan Bahasa
Inggris secara umum. Anda agak kesulitan untuk menentukan budaya mana yang akan
diangkat karena peserta didik di kelas Anda terdiri atas berbagai macam budaya.
Apa yang akan Anda lakukan?
A. Mendiskusikan dalam kelas tentang peran budaya dalam
pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua
B. Mencari ide tentang cerita-cerita dari berbagai budaya
untuk memahami variasi dalam penggunaan bahasa
C. Memperkenalkan budaya-budaya yang umum di Indonesia
melalui metode ceramah dalam Bahasa Inggris di depan kelas
D. Melibatkan peserta didik dalam proyek kelompok untuk
merancang dan menyajikan materi Bahasa Inggris yang mencerminkan budayanya
E. Memberikan kasus keberagaman budaya yang mempengaruhi
pembelajaran Bahasa Inggris dan meminta komentar peserta didik
Kunci Jawaban : D
5. Anda adalah guru matematika kelas 1 SD. Selain ingin
mengenalkan bilangan 1 hingga 10, Anda ingin peserta didik juga dapat
menuliskan bilangan-bilangan tersebut. Hanya saja, Anda mengamati bahwa ada di
antara mereka yang belum mahir dalam memegang alat tulis. Bila Anda menghadapi
situasi ini, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?
A. Tetap meminta semua peserta didik untuk dapat latihan
menulis bilangan 1 hingga 10
B. Membedakan target kompetensi dengan mengidentifikasi
kemampuan motorik halus peserta didik
C. Menyadari bahwa tidak semua peserta didik di kelas 1 SD
sudah terampil dalam menulis
C. Berupaya untuk menurunkan banyaknya bilangan yang harus
ditulis peserta didik
E. Meminta peserta didik menulis bilangan 1 hingga 5
terlebih dahulu
Kunci Jawaban : B
Catatan:: kunci jawaban soal post test modul dalam artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru untuk mengerjakan di PMM.
Komentar
Posting Komentar