Jawaban Pemahaman & Reflektif Modul 1 Topik 4, Pembelajaran dengan Pendekatan CRT

 

Pemahaman & Reflektif Modul 1 Topik 4, 
Pembelajaran dengan Pendekatan CRT

Editor : Damasus Tri




Latihan Pemahaman

1. Pembelajaran dengan pendekatan CRT dirancang dengan mengacu pada.... 

  • latar belakang pendidikan peserta didik 
  • latar belakang keluarga peserta didik 
  • latar belakang pertemanan belajar peserta didik 
  • latar belakang budaya peserta didik 
  • latar belakang sekolah peserta didik 
Kunci Jawaban: latar belakang budaya peserta didik 

2. Pembelajaran dengan pendekatan CRT mempertimbangkan komponen berikut sebagai alat pembelajaran yang lebih baik, kecuali.... 

  • kebiasaan 
  • karakter 
  • pengalaman 
  • perspektif 
  • prestasi 
Kunci Jawaban: prestasi 

3. Komponen pembelajaran yang dapat melewatkan pertimbangan latar belakang budaya peserta didik adalah ... 

  • tujuan pembelajaran 
  • materi ajar 
  • kegiatan pembelajaran 
  • sumber pembelajaran 
  • media pembelajaran 
Kunci Jawaban: tujuan pembelajaran 

4. Guru perlu memiliki kesadaran multikultural yang kritis untuk.... 

  • menguji nilai budaya secara objektif 
  • menguji kepercayaan secara objektif 
  • memberikan kepekaan yang lebih besar terhadap sejarah 
  • mengembangkan keterampilan interpersonal yang baik 
  • semua benar 
Kunci Jawaban: semua benar 

5. Manfaat dari pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah, kecuali.... 

  • Meningkatkan motivasi belajar peserta didik 
  • Meningkatkan keterlibatan peserta didik 
  • Meningkatkan keterampilan sosial dan emosional peserta didik 
  • Meningkatkan kepuasan peserta didik dan guru 
  • Meningkatkan kehadiran peserta didik di sekolah 
Kunci Jawaban: Meningkatkan kehadiran peserta didik di sekolah 

6. Salah satu tahapan pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah identitas pendidik. Pada tahapan ini diharapkan.... 

  • peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan mengambil maknanya 
  • peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan mengaitkannya dengan budayanya sendiri 
  • peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan merefleksikan hal tersebut dengan karakter dirinya 
  • peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan 
  • peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan budaya negaranya 
Kunci Jawaban: peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan 

7. Pada suatu pertemuan, peserta didik Pak Widi sangat antusias ketika membandingkan hasil diskusi terkait budaya dengan topik yang sedang mereka pelajari. Namun, Pak Widi pun menyadari bahwa beliau perlu mengambil peranan dalam diskusi tersebut agar pembelajaran tetap pada jalurnya. Dalam hal ini Pak Widi dapat berperan sebagai.... 

  • motivator 
  • fasilitator 
  • pendamping 
  • instruktur 
  • pengambil kesimpulan 
Kunci Jawaban: fasilitator 

8. Pak Rafi sedang melakukan pembelajaran dengan pendekatan CRT di kelasnya. Peserta didiknya kebingungan mencari benang merah antara materi yang sedang dipelajarinya dengan budayanya. Hal yang dapat dilakukan Pak Rafi adalah.... 

  • Meminta para peserta didik untuk saling berkolaborasi dan mencari informasi dari berbagai sumber 
  • Meminta para peserta didik untuk berusaha memecahkan permasalahan tersebut sebisanya 
  • Meminta para peserta didik untuk mencari jawaban pada buku teks 
  • Meminta para peserta didik untuk mencari jawaban pada warga sekolah melalui wawancara 
  • Meminta para peserta didik untuk berdiskusi dan bila masalah belum terpecahkan langsung diberikan solusinya 
Kunci Jawaban: Meminta para peserta didik untuk saling berkolaborasi dan mencari informasi dari berbagai sumbe

9. Daffa adalah seorang peserta didik asal Kalimantan. Dia mengikuti orang tuanya pindah rumah ke Bandung. Teman-teman di sekolahnya mayoritas bersuku Sunda. Daffa merasakan kesulitan untuk beradaptasi karena perbedaan budaya. Berikut ini hal yang dapat diprioritaskan guru untuk membantu Daffa, kecuali.... 

  • Menciptakan hubungan yang saling menghargai antara sesama peserta didik apapun kondisi latar belakang mereka 
  • Memberikan sikap yang ramah untuk membuat ia merasa nyaman 
  • Memberikan sambutan yang baik dari sesama peserta didik maupun guru 
  • Memberikan motivasi agar ia tidak merasa rendah diri dihadapan teman-temannya 
  • Memberikan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia dapat meningkatkan kemampuan akademiknya 

Kunci Jawaban: memberikan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia dapat meningkatkan kemampuan akademiknya

10. Ibu Asri adalah guru Bahasa Inggris. Hari ini Ibu Asri ingin peserta didiknya bercerita tentang makanan tradisional dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kegiatan yang dapat dilakukan Oleh Bu Asri, kecuali.... 

  • Menghadirkan penjual makanan tradisional setempat sebagai salah satu inspirasi peserta didik dalam membuat cerita 
  • Menghadirkan berbagai macam makanan tradisional kemudian meminta peserta didik memilih salah satunya untuk dijadikan sebagai bahan cerita 
  • Mengajak peserta didik membuat makanan tradisional sebagai bahan untuk membuat cerita 
  • Meminta peserta didik mencari informasi tentang makanan tradisional dari berbagai sumber dalam membuat cerita 
  • Menayangkan video yang menceritakan jenis-jenis makanan tradisional sebagai referensi peserta didik dalam membuat cerita 
Kunci Jawaban: Mengajak peserta didik membuat makanan tradisional sebagai bahan untuk membuat cerita.

Cerita Reflektif

Pertanyaan: 

Bapak/Ibu Guru, sebelum mengakhiri pembelajaran pada modul ini, refleksikan apa yang sudah Bapak/Ibu Guru pelajari pada topik IV. Ceritakan apa inspirasi yang Bapak/Ibu Guru dapatkan setelah mempelajari topik ini?

Referensi Jawaban:

Inspirasi yang saya dapatkan setelah mempelajari topik Menerapkan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Pembelajaran adalah pendekatan pengajaran yang memperhatikan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran. Konsep ini melibatkan penggunaan strategi dan teknik pengajaran yang mencerminkan keberagaman siswa, serta memperhitungkan perbedaan budaya dalam cara siswa belajar. 

Dalam praktiknya, guru yang menerapkan Culturally Responsive Teaching akan memastikan bahwa materi pelajaran yang disampaikan mencakup berbagai perspektif budaya. Mereka juga akan menciptakan lingkungan kelas yang inklusif dan menghargai keberagaman siswa. 

Culturally Responsive Teaching dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan mengintegrasikan budaya dan pengalaman siswa ke dalam pembelajaran. Culturally Responsive Teaching dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan memperhatikan kebutuhan dan keunikan siswa dari berbagai latar belakang budaya. 

Culturally Responsive Teaching dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial dan emosional siswa dengan mengajarkan penghargaan dan penghormatan terhadap budaya dan latar belakang siswa. Culturally Responsive Teaching dapat meningkatkan kepuasan siswa dan guru dengan menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan menghargai keberagaman.

Refleksi Alternatif

 

Setelah mempelajari tentang Culturally Responsive Teaching (CRT), saya terinspirasi oleh pendekatan ini yang mengutamakan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam pembelajaran. CRT menggunakan strategi pengajaran yang menghargai perbedaan budaya siswa dan menyesuaikan cara mengajar dengan kebutuhan mereka. Dalam praktiknya, guru memastikan materi yang disampaikan mencakup berbagai perspektif budaya dan menciptakan lingkungan kelas yang inklusif.

Pendekatan ini dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dengan mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman dan budaya mereka. Selain itu, CRT juga membantu mengembangkan keterampilan sosial dan emosional siswa dengan mengajarkan penghargaan terhadap perbedaan budaya. Dengan demikian, baik siswa maupun guru akan merasa lebih puas dalam lingkungan pembelajaran yang inklusif dan menghargai keberagaman.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ATLETIK LARI CEPAT

Lari 400 M

Ringkasan materi atletik kelas XI kurikulum Merdeka