Postingan

Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Pembelajaran Sosial Emosional, Modul 2 Topik 1

Gambar
  Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Pembelajaran Sosial Emosional, Modul 2 Topik 1 1. Apa tujuan dari pembelajaran sosial emosional di sekolah? A. Untuk membantu meningkatkan keterampilan literasi peserta didik B. Untuk membangun keterampilan sosial dan emosional peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. C. Untuk membangun keterampilan sosial dan emosional pendidik D. Untuk membangun keterampilan berhubungan sosial peserta didik E. Untuk membangun keterampilan memecahkan masalah peserta didik. Jawaban: B. Untuk membangun keterampilan sosial dan emosional peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. 2. Dalam konteks sekolah, siapa yang perlu mempelajari keterampilan sosial emosional? A. Pendidik dan tenaga kependidikan B. Peserta didik dan orang tua C. Peserta didik dan semua orang dewasa yang ada di sekolah (pendidik, dan tenaga kependidikan) D. Orang tua dan tenaga kependidikan E. Pendidik dan orangtua Jawaban: C. Peserta didik dan semua orang dew...

Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1-3 PMM, PPG 2024 Post 3

Gambar
  Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 3 PMM, Prinsip Pengajaran dan Asesmen Umum Modul PPG 2024 Editor : Damasus Tri Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 3 1. Anda mengetahui adanya dua suku asal peserta didik yang sama-sama dominan di kelas Anda. Kedua kelompok ini sering terlibat konflik, baik secara sengaja maupun tidak, sehingga kerap berdampak terhadap proses pembelajaran di kelas. Beberapa kali Anda berusaha untuk memediasi, namun tingginya prasangka yang dimiliki antar kelompok membuat kondisi tidak kunjung membaik. Selaku guru kelas, apa yang akan Anda lakukan jika menemui situasi ini? A. Membuat kelompok dengan anggota yang membaur antar kedua suku tersebut dan memberikan tugas kolaboratif B. Meminta peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan kasus-kasus yang relevan C. Berupaya menyelipkan cerita-cerita tentang dampak negatif prasangka di sela-sela penyampaian materi D. Memikirkan ide tentang aktivitas pembelajaran tertentu yang dapat memediasi du...

Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1-3 PMM, PPG 2024 Post 2

Gambar
  Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 2 PMM, Prinsip Pengajaran dan Asesmen Umum Modul PPG 2024 Editor : Damasus Tri. Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 2 1. Selama 5 tahun terakhir Anda adalah guru kelas tinggi, namun tahun ini Anda diminta untuk mengajar di kelas rendah, yaitu kelas 1. Ketika Anda harus mengajarkan konsep angka, Anda mencoba menyampaikannya dengan menuliskan bilangan- bilangan di papan tulis, namun para peserta didik tampak tidak ada yang memperhatikan dan bermain sendiri-sendiri. Bagaimana Anda mengatasi kejadian tersebut? A. Meminta peserta didik untuk memperhatikan angka yang telah ditulis di papan tulis B. Mencari ide tentang penyampaian materi matematika dengan konsep yang lebih menarik C. Membuat satu set kartu angka dan meminta peserta didik untuk mengurutkannya D. Berupaya untuk melakukan aktivitas bermain dan belajar meski belum begitu paham caranya E. Mengajak peserta didik untuk mencocokkan jumlah kancing dengan angka yang sesuai Kunci Jawaban :...

Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1-3 PMM, PPG 2024 Post 1

Gambar
Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1-3 PMM, Prinsip Pengajaran dan Asesmen Umum Modul PPG 2024 https://mmc.tirto.id/image/otf/1024x535/2019/01/30/ilustrasi--pilihan-ganda-istockphoto-.jpg Soal 1 dari 5 1. Anda adalah guru Bahasa Indonesia yang bermaksud melakukan literasi menulis pada peserta didik di sekolah Anda. Literasi ini akan membantu peserta didik menuangkan gagasan ke dalam tulisan dengan susunan kata dan bahasa yang efektif dan efisien. Namun demikian, kemampuan menulis peserta didik di sekolah Anda sangat heterogen. Beberapa di antara mereka cukup terampil dalam menulis, namun banyak juga yang mengalami kesulitan. Apa yang Anda lakukan jika berada pada situasi ini? A.Membuat panduan dan tugas yang berbeda sesuai dengan tingkat keterampilan menulis peserta didik B.Menyadari adanya perbedaan kemampuan awal dalam pengembangan keterampilan menulis peserta didik C.Tetap menggunakan metode pengajaran standar yang biasa dilakukan D.Mulai menugaskan aktivitas m...

Jawaban Pemahaman & Reflektif Modul 1 Topik 4, Pembelajaran dengan Pendekatan CRT

Gambar
  Pemahaman & Reflektif Modul 1 Topik 4,  Pembelajaran dengan Pendekatan CRT Editor : Damasus Tri Latihan Pemahaman 1. Pembelajaran dengan pendekatan  CRT  dirancang dengan mengacu pada....  latar belakang pendidikan peserta didik  latar belakang keluarga peserta didik  latar belakang pertemanan belajar peserta didik  latar belakang budaya peserta didik  latar belakang sekolah peserta didik  Kunci Jawaban: latar belakang budaya peserta didik  2. Pembelajaran dengan pendekatan  CRT  mempertimbangkan komponen berikut sebagai alat pembelajaran yang lebih baik, kecuali....  kebiasaan  karakter  pengalaman  perspektif  prestasi  Kunci Jawaban: prestasi  3. Komponen pembelajaran yang dapat melewatkan pertimbangan latar belakang budaya peserta didik adalah ...  tujuan pembelajaran  materi ajar  kegiatan pembelajaran  sumber pembelajaran  media...

Jawaban Modul 1 Topik 3 PPG 2024 Menerapkan Pendekatan Teaching at The Right Level

Gambar
Jawaban Modul 1 Topik 3 PPG 2024 Menerapkan Pendekatan Teaching at The Right Level Oleh : Damasus Tri H. September 2024 1. Makna yang paling menggambarkan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah..... Pembelajaran sesuai dengan tingkatan kelas peserta didik Pembelajaran sesuai dengan usia peserta didik Pembelajaran sesuai dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam Pembelajaran sesuai dengan latar belakang budaya peserta didik Pembelajaran sesuai dengan kepribadian peserta didik Jawaban: Pembelajaran sesuai dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam 2. Tujuan dilakukannya asesmen awal pada pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah... Mendapatkan data kepribadian peserta didik Mendapatkan data kemampuan awal peserta didik Mendapatkan data keluarga peserta didik Mendapatkan data minat dan bakat peserta didik Mendapatkan data prestasi peserta didik Jawaban: Mendapatkan data kemampuan aw...

Ringkasan materi atletik kelas XI kurikulum Merdeka

Gambar
Panduan Lengkap tentang Lari 400m, Lompat Jangkit, Lempar Lembing, dan Lari Estafet 1. Lari 400m Pengantar: Lari 400 meter adalah salah satu cabang atletik yang menggabungkan kecepatan dan daya tahan. Sebagai lomba jarak menengah, lari 400m menuntut atlet untuk berlari dengan intensitas tinggi sambil menjaga ketahanan stamina sepanjang balapan. Teknik Dasar: A. Start Blok Start: Atlet memulai dari posisi blok start dengan satu kaki lebih maju di depan. Tubuh sedikit condong ke depan, tangan ditempatkan pada blok, dan kepala menghadap ke bawah. Akselerasi: Saat tembakan pistol, dorong kuat dari blok dengan kecepatan penuh. Pastikan transisi dari fase start ke fase akselerasi terjadi dengan lancar. B. Fase Lari Fase Akselerasi (0-60 meter): Atlet harus cepat mencapai kecepatan maksimal. Fokus pada dorongan kuat dari kaki dan gerakan tubuh ke depan. Fase Kecepatan Maksimal (60-300 meter): Pertahankan kecepatan tinggi dengan teknik berlari yang efisien. Posisi tubuh harus tegak, lenga...

Lari 400 M

Gambar
  Lari 400M 1. Pengantar Lari 400m Lari 400 meter adalah salah satu cabang atletik yang menuntut kombinasi kecepatan dan daya tahan. Sebagai lomba jarak menengah, lari 400m memerlukan strategi yang baik, teknik yang tepat, dan kebugaran fisik yang optimal untuk mencapai performa terbaik. 2. Teknik Dasar Lari 400m A. Start Blok Start : Atlet memulai dari posisi blok start dengan satu kaki lebih maju di depan. Posisi Tubuh : Tubuh sedikit condong ke depan, pinggul lebih tinggi dari bahu, tangan di blok start, dan kepala menghadap ke bawah. Akselerasi : Saat pistol tembakan, atlet harus cepat keluar dari blok dengan dorongan yang kuat dan segera mencapai kecepatan penuh. B. Fase Lari Fase Akselerasi : Dalam 30-40 meter pertama, atlet harus mencapai kecepatan maksimal. Fase Kecepatan Maksimal : Setelah akselerasi, atlet harus mempertahankan kecepatan penuh sepanjang sisa jarak. Fase Penutupan : Pada 300 meter terakhir, atlet harus mempertahankan atau meningkatkan kecepatan dengan penga...

RINGKASAN ATLETIK MATERI KELAS X

Gambar
RINGKASAN ATLETIK  MATERI KELAS X Materi Pembelajaran Lari 100 Meter Kelas X Tujuan Pembelajaran 1. Siswa mampu menganalisis teknik dan strategi untuk memaksimalkan kecepatan pada lari 100 meter 2. Siswa dapat memahami pentingnya faktor-faktor seperti start, akselerasi, dan teknik sprint dalam meningkatkan performa 3. Siswa dapat mengevaluasi kekuatan fisik dan mental yang dibutuhkan untuk lari 100 meter. Materi Pemahaman dan Dasar a. Start (Blok Start) : Posisi awal pelari sangat memengaruhi dorongan dan akselerasi. Teknik ini harus optimal untuk mendapatkan kecepatan maksimal sejak awal. b. Fase Akselerasi : Pelari harus secara bertahap meningkatkan kecepatan setelah start dan menjaga kontrol. c. Fase Sprint Maksimal (Top Speed) : Setelah mencapai kecepatan tertinggi, pelari harus menjaga teknik lari, postur tubuh, dan pernapasan agar tidak menurun hingga finish. d. Fase Akhir (Finish) : Pelari harus tetap...

Ringkasan Materi permainan Bola Besar

Gambar
 Ringkasan Materi permainan Bola Besar (Sepak Bola, Bola Voli Dan Bola Basket) Kelas XII Materi Pembelajaran Sepak Bola Kelas XII Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat memahami dan menganalisis berbagai formasi dan taktik dalam permainan sepak bola. Siswa dapat menerapkan strategi yang efektif sesuai dengan situasi dan kondisi permainan. Siswa mampu menganalisis dampak kondisi cuaca terhadap permainan dan memilih taktik yang tepat. Siswa dapat mengembangkan kreativitas dalam adaptasi taktik ketika tim mengalami kekurangan pemain. 1. Formasi dan Taktik dalam Sepak Bola Formasi Tim : Dalam sepak bola, formasi adalah susunan pemain di lapangan yang mengatur bagaimana tim akan menyerang dan bertahan. Beberapa formasi umum adalah: 4-4-2 : Seimbang antara penyerangan dan pertahanan. 4-3-3 : Lebih menyerang dengan 3 penyerang di depan. 5-4-1 : Defensif dengan fokus pada pertahanan yang ketat. 3-5-2 : Menguasai lini tengah dengan banyak pemain di tengah, cocok untuk penguasaan bola. Taktik : Ta...